Tips aman berkendara selama puasa.

Pertama, tentu dengan menjaga kecepatan. Pasalnya, saat puasa biasanya rasa kantuk sering datang yang tentu akan mengganggu konsentrasi. Paling tidak, dengan menjaga kecepatan akan mengurangi risiko kecelakaan parah.

Kedua yakni memperhatikan waktu tidur. Di bulan puasa, jam tidur akan terpotong waktu sahur. Ini membuat pengendara lebih cepat lelah dan kurang berkonsentrasi. Karena itu maksimalkan waktu jam tidur dan kurangi aktivitas yang mengurangi waktu istirahat.

Ketiga, menjaga emosi. Kemacetan biasa terjadi di waktu menjelang berbuka puasa berpotensi memicu emosi kita. Pasalnya, Anda tentu ingin cepat-cepat sampai tujuan untuk berbuka. Nah, ketika Anda mengemudi sebaiknya tetap tenang dan atur pikiran untuk selalu berfikir positif dan bersabar untuk menjaga emosi.

Yang terakhir, manfaatkan in-car entertainment atau hiburan yang tersedia di mobil Anda. Di bulan puasa, pengendara akan menjadi sangat cepat untuk lelah dan mengantuk dengan mudah apalagi ketika berhadapan dengan kemacetan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan radio atau in-car entertainment kendaraan Anda dapat berfungsi dengan baik. Hal ini dapat membantu Anda untuk menstimulus pikiran untuk tetap jernih dan menjaga mood Anda tetap baik.

Hal ini dapat melepas tingkat stress Anda di jalan dan meminimalisirkan kadar emosi yang dapat memicu keluarnya energi yang cukup besar. Selain itu, Anda pun dapat mendengar kapan azan Magrib berkumandang.

Sumber : viva