Di media sosial beberapa waktu lalu ramai diberitakan jika Daihatsu sedang menguji coba sebuah mobil baru. Mobil baru yang terpantau ini diyakini sebagai salah satu Kei Car yang akan dijual di Indonesia. Namun ketika dikonfirmasi, Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku membantah hal tersebut.

“Kami tidak akan memasukkan Kei Car ke Indonesia, baik itu Thor ataupun itu Tanto. Tidak! Saya tegaskan di sini kita tidak akan masukkan Kei Car,” tegas Amelia Tjandra pekan lalu di Bandung, Jawa Barat.

Mobil yang kedapatan sedang diuji coba tersebut diyakini adalah Daihatsu Thor. Thor ini merupakan salah satu mobil Kei Car yang dijual secara resmi oleh Daihatsu Jepang. Daihatsu pun membeberkan alasannya mengapa tidak akan menjual Kei Car untuk pasar Indonesia.

“Kenapa kami tidak akan masukkan? Berdasarkan riset dan studi kami masyarakat Indonesia tidak suka bentuk itu (Kei Car) dan sudah dibuktikan oleh beberapa brand yang akhirnya tutup,” sambung Amel.

Lebih lanjut Amel mengatakan jika mobil yang diuji coba tersebut merupakan produk untuk pengetesan mesin. ADM sedang melakukan riset dengan mesin baru.

“Yang kita lakukan untuk tes ini adalah mesin 1.000 cc dengan turbo. Tenaganya seperti apa? Untuk jalanan di Indonesia cocok apa tidak? Performance itu kita catat, terus kita bandingkan dengan kompetitor yang sudah mengeluarkan turbo. Itu teman-teman RnD kita tiap kali itu studi seperti itu,” jelasnya.

Produk Baru Daihatsu Bermesin Turbo
Lantas, apakah tujuan Daihatsu melakukan studi mengenai mesin turbo ini? Apakah ADM akan segera memasukkan produk baru dengan mesin turbo?

“Apa memang konsumen kita sudah melihat mesin turbo dan sangat dibutuhkan? Kalau dari target konsumennya, anak muda suka mesin turbo. Mereka kan suka performance. Tapi kalau konsumen keluarga enggak terlalu pikirkan performance. Tapi mereka berpikir mesin ini sanggup atau enggak angkut 7 orang dan irit apa enggak,” ucap Amel.

Daihatsu sudah memastikan diri untuk tidak memasukkan Kei Car ke Indonesia. Namun, bisa saja pihak Daihatsu di Indonesia nantinya akan merilis produk baru dengan mesin turbo berkapasitas 1.000 cc. Yang jelas saat ini ADM masih merahasiakan rapat-rapat mengenai produk barunya ini.

Sumber : carmudi