Kendaraan juga membutuhkan perawatan, seperti layaknya manusia. Namun terkadang, ada beberapa perawatan mobil yang bisa Anda lakukan sendiri. Cukup sediakan waktu luang di rumah, Anda dapat servis mobil di rumah sendiri tanpa perlu bantuan montir bengkel.
1. Radiator
Melakukan perawatan radiator mobil sebenarnya tidak perlu sering ke bengkel. Cukup lakukan pengecekan setiap pagi sebelum Anda beraktifitas. Caranya, cek kondisi air radiator, jika kosong tambahkan. Periksa pula selang-selang radiator, apakah ada kebocoran atau tidak dengan melihat bagian ruang mesin atau kolong mobil. Lakukan secara rutin setiap sebelum mobil dihidupkan pagi hari.
Lakukan pengecekan radiator sebelum mobil dihidupkan pagi hari
2. Rem
Servis mobil di rumah untuk bagian rem bisa dengan melakukan perawatan berkala. Caranya, selalu cek kadar dan kondisi minyak rem. Lalu setiap akan berangkat beraktifitas menggunakan mobil, cek kondisi rem. Dengan cara maju atau mundurkan mobil beberapa meter, kemudian rem. Kalau sudah ada bunyi aneh-aneh saat pedal rem diinjak, maka Anda bisa bersihkan bagian rem. Biasanya bunyi itu muncul akibat kotoran atau debu pada sistem rem mobil Anda.
Periksa kondisi rem sesaat sebelum berpergian
3. Lampu-lampu
Lampu sangat dibutuhkan ketika Anda berkendara. Apalagi lampu utama yang amat diperlukan saat berkendara di malam hari. Ketika satu dari beberapa lampu mobil ini padam, maka Anda bisa melakukan perbaikannya sendiri di rumah. Caranya dengan terlebih dulu membeli bohlam sesuai ukuran spesifikasi lampu yang digunakan di mobil Anda. Lalu buka penutup lampu tersebut, dan ganti lampu yang padam dengan lampu baru. Cara membuka penutup lampu ini berbeda-beda tiap mobil, Anda tinggal membaca di buku petunjuk mobil Anda, atau cari referensinya di internet.
Mengganti lampu yang padam juga tak wajib ke bengkel
4. Oli
Banyak pemilik yang tidak mengetahui atau mungkin malas servis mobil di rumah untuk sekedar ganti oli. Padahal caranya cukup mudah. Tinggal beli oli sesuai rekomendasi dari pabrikan mobil Anda. Lalu buka tutup lubang oli yang ada dibagian kolong mobil. Jangan lupa siapkan baskom atau ember untuk menampung oli kotor tersebut. Kalau oli kotor sudah benar-benar habis, tutup kembali lubang oli tadi, kemudian masukkan oli baru.
Siapa bilang ganti oli harus ke bengkel?
5. Saringan Udara
Melakukan servis mobil di rumah juga bisa ketika harus membersihkan filter udara. Komponen ini biasanya diletakkan di ruang mesin, dekat dengan blok mesin. Buka penutup filter yang biasanya hanya berupa soket pengait. Lalu keluarkan filter dan bersihkan. Jika sudah, pasang kembali pada tempatnya, serta jangan lupa kaitkan lagi penguncinya.
Jangan malas untuk rutin bersihkan filter udara di rumah

 

Sumber : cintamobil